Jumat, 23 April 2010

Kota Depok


Kota Depok adalah salah satu kota yang ada di Jawa Barat. Kota ini memiliki luas wilayah 200,29 km2 dengan jumlah populasi mencapai 1.420.480 jiwa. Yang menarik dari kota ini adalah jumlah populasi yang besar memiliki profil pendidikan warganya terpelajar, jumlah mereka yang menamatkan pendidikan tingkat menengah atas mencapai 28,9 persen, sedangkan mereka yang telah menyelesaikan pendidikan tingkat universitas mencapai 4,5 persen. Populasi ini tersebar di 6 kecamatan dimana 719.969 adalah pria dan selebihnya yaitu 700.511 adalah wanita. 

Perekonomian di Kota Depok dibangun di atas aktivitas sektor industri pengolahan dan sektor perdagangan, hotel dan restoran. Kontribusi industri pengolahan (atas dasar harga konstan 2000) mencapai 37,5 persen atau sejajar dengan Rp 3,3 trilyun lebih. Sedangkan kontribusi sektor perdagangan hotel dan restoran mencapai 32,3 persen atau bernilai lebih dari Rp 2,8 trilyun. 

Jumlah usaha yang bergerak pada industri pengolahan mencapai 105 industri yang terbagi dalam 6 jenis yaitu (1) industri makanan dan tembakau, (2) industri tekstil, (3) kayu, rotan dan perabotan (4) kertas dan percetakan, (5) kimia dan minyak bumi dan (6) barang dari logam dan mesin. Jenis industri yang terbanyak adalah industri kimia dan minyak bumi sebanyak 31 unit usaha yang terkonsentrasi di Kecamatan Cimanggis. Industri tekstil tersebar di kecamatan Sawangan, Sukmajaya, Cimanggis dan Pancoran Mas. Sedangkan industri barang dari logam dan mesin banyak terdapat di Cimanggis dan Sukmajaya. Industri makanan dan tembakau tersebar di Kecamatan Sukmajaya, Pancoran Mas dan Cimanggis sedangkan kertas dan percetakan terdapat di Cimanggis dan Pancoran Mas. 

Untuk usaha perdagangan, Kota Depok memiliki 1.196 usaha dagang yang terdaftar dalam Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP) yang tersebar merata di 6 kecamatan. Perusahaan ini melakukan perdagangan baik yang bersifat lokal maupun ekspor. Negara tujuan ekspor Kota Depok adalah 36 negara dengan nilaia transaksi US $ 227 juta, 147 ribu euro lebih, 196 juta yen Jepang dan 6,2 juta THB. Mitra dagang penting Kota Depok adalah Hongkong, Amerika Serikat dan Philipina. Untuk perdagangan domestik, pemerintah kota telah menyediakan 7 pasar yang terdiri dari 2.112 los dan 2.659 kios. 

Untuk akomodasi penginapan, Kota Depok menyediakan 2 hotel berbintang, 3 hotel melati, 9 wisma dan 9 penginapan. Dari 21 unit akomodasi penginapan terdapat 182 kamar. 



Sumber:
http://www.cps-sss.org/web/home/kabupaten/kab/Kota+Depok


Sumber Gambar:
http://www.whatzups.com/account/uploads/1.%20margo.jpg

1 komentar:

  1. Harap disebutkan nama-nama Hotel, Wisma dan Penginapan di Depok, beserta alamat, dan no telepon. Supaya yang ingin berwisata ke Depok dapat informasi yang lengkap dan mudah via web ini.

    BalasHapus